Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Copywriting

Saat berbicara bagaimana cara meningkatkan penjualan online, banyak yang berpikir untuk meningkatkan jangkauan promosi atau iklan.

Tentu saja ini tidak salah. Jika masih memungkinkan, silahkan promosi dan iklan lebih gencar, maka penjualan Anda mungkin meningkat.

Lalu bagaimana jika baik waktu atau anggaran tidak memungkinkan untuk ditingkatkan? Apakah menyerah? Dan tidak perlu berusaha lagi meningkatkan penjualan?

Sebenarnya masih ada peluang untuk meningkatkan penjualan tanpa menambah biaya promosi atau iklan. Silahkan lakukan promosi atau iklan semaksimal mungkin. Namun sebelumnya, perbaiki copywritingnya.

Copywriting akan meningkatkan efektivitas proses penjualan Anda. Karena copywriting akan bisa memperbaiki 3 aspek aktivitas terpenting dalam penjualan online. Bukan hanya promosi.

Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Copywriting

Tiga Aktivitas Penjualan Online Yang Perlu Anda Perbaiki

Pertama: Tingkatkan Efektivitas Promosi atau Iklan Anda

Iklan atau promosi memiliki banyak tujuan. Bisa untuk branding dan yang paling banyak dilakukan di online adalah untuk mendatangkan pengunjung. Dalam dunia bisnis online, pengunjung itu disebut traffic. Sehingga banyak orang beriklan atau berpromosi agar mendapatkan pengunjung ke landing pagenya.

Salah satu target iklan atau promosi adalah mendapatkan traffic sebanyak mungkin, tertarget, dan dengan biaya semurah mungkin. Bagi Anda yang menggunakan teknik gratisan, artinya dengan kerja sekecil mungkin.

Cara mendatangkan pengunjung melalui iklan atau promosi adalah bagaimana caranya, agar link yang ada di iklan banyak yang mengklik. Sehingga mereka mengunjungi landing page.

Nah, agar mereka mau mengklik link yang ada di iklan, kita harus membujuknya dengan kata-kata dan kalimat. Cara membuat kata-kata dan kalimat yang membujuk disebut copywriting.

Jadi, agar promosi atau iklan kita efektif, maka kita perlu membuat materi promosi dan iklan dengan copywriting yang bagus. Semakin bagus, semakin banyak yang klik. Maka akan semakin banyak yang datang ke landing page dan akan semakin banyak penjualan.

Kadang, ada pebisnis atau penjual online yang langsung menjual, itu pun sama. Jadi materi iklan dan promosi itu tergantung tujuannya. Jika kita bertujuan mendatangkan pengunjung, maka kita “menjual klik”. Jika langsung menjual, artinya membujuk orang membeli langsung.

Dan, agar lebih banyak orang mau membeli, maka kita harus membuat materi promosi dengan copywriting menjual langsung.

Anda harus membuat copywriting iklan atau promosi sebagus mungkin sesuai dengan tujuannya. Apakah untuk mendatangkan traffic, menjual langsung atau membangun brand. Inilah cara meningkatkan penjualan online yang pertama.

Kedua: Tingkatkan Efektivitas Landing Page Anda

Landing page adalah halaman yang menjadi tujuan iklan atau promosi Anda. Ada yang menjual langsung di materi promosi atau iklan ada juga yang menjual melalui landing page jika membutuhkan penjelasan lebih banyak.

Jika Anda menggunakan landing page, maka kita perlu meningkatkan efektivitas landing page agar menghasilkan penjualan lebih baik. Apa saja yang perlu ditingkatkan?

Yang pertama jelas copywritingnya. Bagaimana menyusun dan memilih kata yang baik. Kemudian disusun menjadi paragraph yang secara kesuluruhan akan membujuk orang mau membeli produk dan jasa kita.

Yang kedua adalah desainnya. Desain akan mempengaruhi psikologis pembeli. Tidak harus mewah jika menjual produk biasa. Berbeda jika Anda menjual produk atau jasa premium.

Jika Anda menjual produk sehari-hari, desain yang rapi, bersih, dan tertata rapi sudah cukup. Jika menjual mobil mewah, rumah, apartement, dan barang-barang mewah lainnya, maka desainnya perlu disesuaikan.

Yang ketiga adalah loading website. Ini sering diabaikan, padahal memegang peranan penting. Jika website kita lemot, orang males membukanya. Pastinya tidak membacanya. Jika tidak membacanyak, maka tidak terjadi penjualan.

Cara Meningkatkan Penjualan Online Yang Ketiga: Perbaiki Efektivitas Closing

Closing adalah proses dari pengunjung landing page atau penawaran Anda sampai membeli produk atau terjadi kesepakatan. Closing bisa dengan berbagai cara. Ada yang closing langsung, ada yang membutuhkan edukasi, dan juga ada yang membutuhkan follow up.

Dari segi teknis, pembeli melakukan proses pembelian melalui form order, melalui whatsapp, dan ada juga melalui email. Juga ada yang melalui telpon atau melakukan pertemuan terlebih dahulu. Tergantung produk atau jasanya.

Yang cukup sederhana misalnya, calon pembeli menghubungi Anda melalui WA. Kemudian terjadilah percakapan sampai terjadi closing. Faktanya, tidak semua orang yang menghubungi kita membeli. Mungkin hanya 10% dan jika sangat bagus baru tercapai 100%.

Nah, jika tingkat closing kita masih rendah, misalnya 10%, dan kita ingin menaikannya, maka kita perlu memperbaiki copywriting saat chatting. Jarang yang memperhatikan ini. Padahal setiap kata dan kalimat yang kita kirim, bisa kita optimalkan agar terjadi penjualan.

Dapatkan Ledakan Penjualan: Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Keseluruhan

Dengan memperbaiki salah satu aktivitas saja, penjualan Anda akan meningkat. Misalnya, terjadi tingkat klik dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Maka penjualan akan naik dua kali lipat dengan asumsi tingkat konversi landing dan tingkat closing tetap.

Bagaimana jika peningkatkan terjadi secara keseluruhan? Misalnya:

Asalnya:

  • Tingkat Click Iklan = 1%
  • Tingkat Penjualan Landing Page = 2%
  • Tingkat Closing Chatting = 10%

Kemudian ketiga hal diatas diperbaiki, menjadi

  • Tingkat Click Iklan = 2% (2 kali)
  • Tingkat Penjualan Landing Page = 4% (2 kali)
  • Tingkat Closing Chatting = 20% (2 kali)

Maka peningkatan total menjadi 2 X 2 X 2 = 8 kali.

Luar biasa bukan?

Padahal biaya iklan tetap atau usaha promosi Anda tetap. Jadi bisa dikatakan ini cara meningkatkan penjualan online tanpa menambah biaya promosi atau iklan.

Kesimpulan

Jadi, cara meningkatkan penjualan online tanpa meningkatkan biaya promosi dan iklan adalah dengan cara:

  • Perbaiki copywriting iklan atau promosi Anda agar lebih banyak yang klik.
  • Perbaiki copywriting landing page Anda agar lebih banyak orang yang memesan produk atau jasa Anda.
  • Perbaiki copywriting chatting Anda agar lebih banyak yang closing.

Dan tentu saja, perbaiki kemampuan copywriting Anda, KLIK Disini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *